Cara Memandikan Dan Mengairi Ayam Aduan

Cara Memandikan Dan Mengairi Ayam Aduan

Cara Memandikan Dan Mengairi Ayam Aduan

AGEN SABUNG AYAM ONLINE –┬áCara Memandikan Atau Membasahi Ayam Aduan, Mungkin ada beberapa orang yang hobi dalam memelihara ayam aduan yang belum banyak mengetahui bagaimana cara memandikan atau membasahi ayam aduan yang benar.

Pada pembahasan kami kali ini tentang bagaimana caranya memandikan atau membasahi ayam aduan pada saat suhu tubuh yang semakin meningkat.

Cara memandikan atau membasahi ayam aduan, dimana saat ayam aduan tersebut sedang melakukan aktifitas dalam bertarung. Maka secara keseluruhan bagian tubuh pada ayam pun akan lebih cepat bereaksi atau yang bisa di katakan organ dalam maupun anggota gerak tubuh akan menimbulkan efek yang panas dan suhu tubuh yang meningkat pada ayam aduan.

Biasanya tanda atau ciri khas dari panasnya tubuh ayam aduan yang semakin meningkat, salah satu tandanya seperti yang ada di bawah ini :

– Detak jantung ayam aduan pun semakin cepat

– Ayam aduan pun akan terlihat kelelahan (sesak nafas)

Contoh kasusnya yang banyak terjadi seperti yang ada di bawah ini :

– Seringkali kita temukan ayam aduan yang sudah di mandikan usai waktu jedahnya pertarungan yang masih terlihat kelelahan (sesak nafas) bahkan bisa menyebabkan fisik ayam aduan tersebut semakin lemah.

– Penyebab hal ini bisa terjadi karena cara memandikan atau membasahi ayam aduan yang salah, khususnya pada saat mulainya dari bagian kepala ayam aduan terlebih dahulu.

Sebaiknya kita perhatikan lagi dengan lebih teliti cara memandikan atau membahasi ayam aduan yang sedang mengalami peningkatan suhu tubuh dan apabila kepala ayam di basahi dalam keadaan suhu tubuh yang meningkat dengan air dingin, maka darah ayam aduan tersebut akan mengalir dengan lebih cepat ke bagian kepala ayam aduan.

Hal tersebut sejalan dengan logika “Warm Blooded” (istilah medis) dan apabila saluran darah ayam semakin menyempit, maka bisa terjadi kondisi terburuk untuk saluran peredaran darah ayam aduan pecah.

Berikut 10 cara memandikan atau membasahi ayam aduan yang sedang mengalami peningkatan suhu tubuh dengan baik dan benar :

1. Pertama-tama siramkan atau basahi dengan air terlebih dahulu ke bagian telapak kaki ayam aduan.

2. Kemudian siramkan lagi ke bagian batang kaki ayam aduan.

3. Siramkan ke bagian paha ayam aduan (luar dan dalam).

4. Siramkan ke bagian dada bawah ayam aduan.

5. Siramkan lagi ke bagian celah sayap ayam aduan.

Setelah itu berhenti sejenak dalam waktu 5-10 detik sudah cukup, kemudian perhatikan dengan seksama , maka kita akan merasakan hasil seperti uap atau angin yang keluar dari bagian kepala (mulut) dan bagian kloaka (dubur) ayam aduan.

Dan apabila sudah terlihat normal atau suhu sudah stabil kemudian lanjutkan proses (no-6) dan sebelum melakukannya mandikan atau basahi lagi, namun jika belum terlihat normal juga silahkan ulangi kembali proses (no 1-5).

6. Jika sudah normal kemudian basahi lagi bagian kloaka ayam aduan secara perlahan-lahan saja.

7. Siramkan ke bagian batang leher ayam aduan.

8. Siramkan ke bagian kepala ayam sambil membersihkan dahak/lendir dari dalam mulut ayam aduan dengan bulu yang halus.

9. Berikan minum yang secukupnya untuk ayam aduan.

10. Yang terakhir adalah lap tubuh ayam agar tidak terlalu basah.

Demikianlah info menarik mengenai “Cara Memandikan Dan Mengairi Ayam Aduan” semoga bermanfaat bagi para pecinta dan penghobi bahkan para pembaca yang mencintai dunia laga sabung ayam. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

By : AS