TIPS DAN CARA-CARA MELATIH AYAM PETARUNG DIMULAI DARI ANAKAN AYAM

Agen Sabung Ayam Online –  Dalam arena sabung ayam ada banyak sekali jenis ayam yang sering di gunakan akan tetapi cara melatih ayam aduan jenis apapun pasti lah sama. Ayam aduan adalah jenis ayam jantan petarung yang tangguh. Ayam petarung memang sengaja di rawat dan di latih untuk di adu dengan ayam lainnya. Ayam petarung memang tidak terlalu sulit di pelihara, namun meskipun tidak terlalu sulit untuk dipelihara setidaknya anda harus terlebih dahulu memiliki dasar-dasar dalam cara merawat ayam aduan sejak dini.

Ayam aduan yang masih muda terhitung dari ayam tersebut menetas hingga berusia 10 bulan. Anda tentunya memerlukan panduan pemeliharaan agar ayam aduan yang masih muda tersebut bisa tumbuh dan berkembang menjadi ayam aduan yang nantinya bisa menjadi jawara.

Biasanya ada kesalahan yang sering di lakukan dalam pemeliharaan ayam aduan saat mereka masih berusia muda. Ayam-ayam aduan dewasa akan bisa melakukan perkembangan yang cepat jika anda memberikan pelatihan yang baik dan benar sejak awal. Ayam aduan yang tidak tumbuh dengan sempurna memang salah satu dampak dari kesalahan perawatan dan pelatihan. Bahkan ayam akan menjadi sakit dan tidak bisa di adu jika anda tidak merawat dan melatihnya dengan benar. Kesempatan untuk menjadi sang jawara sangat terbuka lebar jika anda bisa melakukan perawatan yang benar.

Berikut beberapa tips dari kami untuk melatiha ayam aduan :

1. Perawatan Awal

Induk ayam biasanya membutuhkan 21 hari untuk mengerami telur-telur ayam agar menetas. Ketika menetas maka anak ayam tersebut sudah terbilang berumur 1 hari. Ketika menginjak usia ini, sebaiknya anda meletakkan anak ayam aduan tersebut di dalam wadah berupa kotak yang sudah di lengkapi dengan lampu penghangat.

2. Perawatan Usia 3 Bulan

Ketika mereka mulai tumbuh dan berkembang dan kotak tersebut mulai sempit maka anda di haruskan memindahkannya ke kandang yang lebih besar lagi. Untuk makanan pakannya, anda bisa memberikan pakan poor atau kosentrat yang masih berukuran kecil. Usahakan anda selalu menjaga kebersihan kandang, karena anak ayam akan mudah terkena serangan penyakit yang bersarang di kandang yang kotor. Gunakan juga beberapa vitamin dan berbagai obat pertumbuhan agar anak ayam bisa tumbuh sehat. Lakukan pemberian makan dan minuman yang rutin untuk anak ayam aduan tersebut.

3. Perawatan Diusia 3 Bulan

Di usia ini anda sudah bisa memberikan pakan berupa konsentrat biasa yang berukuran lebih besar. Bahkan anda juga sduah bisa memberikan pakan campuran beras, dedak dan jagung. Biasanya ayam petarung yang telah berusia 3 bulan ini akan mulai agresif untuk bertarung mencari daerah kekuasaan dan berusaha menjadi pemimpin.

4. Perawatan Usia 6 Bulan

Sebaiknya para ayam ayam petarung yang sudah berusaha bertarung anda pindahkan ke kandang pribadi atau di pisahkan. Anda bisa melakukan pengumbaran ketika ayam tersebut telah menginjak usia 3 hingga 6 bulan agar otot-ototnya tidak kaku dan sehat. Agar pertumbuhan tulangnya bisa optimal, maka anda bisa membiarkan ayam tersebut melakukan mandi tanah atau kipu.

5. Perawatan Diatas 6 Bulan

Ketika ayam aduan telah memasuki usia diatas 6 bulan, maka anda sudah bisa memberikan macm-macam makanan agar kebutuhan vitamin dan gizi tercukupi. Kebutuhan ini untuk membentuk tubuh yang ideal bagi ayam aduan tersebut

6. Perawatan Hingga 10 Bulan

Ini merupakan masa dimana ayam aduan akan membentuk tubuh ideal dan membentuk kekuatan otot maupun tulang yang optimal. Ini juga masa di mana ayam aduan tersebut mulai nyulam atau adanya proses pertumbuhan bulu.

7. Cara Memandikan

Untuk mengeraskan serta pembentukan otot-otot ayam maka anda harus melakukan pemandian untuk ayam. Sebaiknya anda memandikan ayam pada saat suhu normal, tidak sedang hujan dan dalam keadaan pagi atau saat sekitar jam 8.

Namun jika sedang mengalami hujan maka sebaiknya anda memandikan ayam ketika jam 4 atau pada saat sore hari. Mandikan ayam aduan tersebut dengan gabus atau spon yang nantinya menggunakan air yang bersih. Biarkan ayam mengeringkan bulunya sekitar 30 menit sebelum anda melanjutkan ke langkah penjemuran. Proses ini juga bisa menjadi salah satu cara menjinakan ayam galak.

8. Lakukan Penjemuran

Agar lemak di tubuh ayam tidak menumpuk dan menguras staminanya, maka anda memerlukan proses penjemuran ini. biasanya proses penjemuran sangat di anjurkan ketika memasuki siang yaitu diantara jam 9 hingga jam 10, beberapa saat setelah anda memandikan ayam tersebut. Biasakan melakukan penjemuran pada ayam aduan muda dan anda bisa menghentikannya jika ayam terlihat lelah atau sakit.

9. Pelatihan Fisik

Ketika anda ingin melatih pernafasan dan otot pada ayam, maka anda di anjurkan untuk melakukan latihan fisik terhadap ayam tersebut. Anda bisa melakukan latihan fisik sesuai dengan keperluan ayam aduan seperti pelatihan kliter dan lompatan.

10. Sparing atau Abar

Untuk membentuk mental petarung agar bisa menjadi sang jawara yang menjadi ciri-ciri ayam aduan berkualitas, maka anda harus melakukan latihan tarung atau abar. Lakukan dengan durasi yang singkat bagi latihan awal ayam aduan anda. Biasnya latihan awal hanya akan memakan waktu 5 hingga 10 menit lamanya. Kemudian ayam tersebut kembali di perbolehkan untuk beristirahat dan melakukan aktifitas seperti biasa seperti latihan fisik, mandi da berjemur selama 2 minggu lamanya.

Setelah melewati masa istrahat maka anda bisa melakukan abar lagi dengan durasi yang sedikit lebih lama, 15 menit misalnya. Lakukan latihan ini secara berkala. Namun perlu anda perhatikan bahwa jangan terlalu memaksakan stamina ayam tersebut. Dimana dia bisa saja terluka dan semakin takut jika lawan yang di lawnnya tidak seimbang.

11. Pemisahan Ayam Aduan

Anda harus melakukan pemisahan ayam aduan yaitu meletakan mereka pada berbagai kandang berbeda dan terpisah. Ini adalah pencegahan terhadap terjadinya luka maupun cidera pada saat ayam ayam tersebut berusaha bertarung melawan ayam lainnya. Karena ayam aduan akan selalu memiliki kencendrungan untuk bertarung dan yang lemah akan selalu di tindak yang lebih kuat.

12. Penggunaan Kandang Isolasi

Ini merupakan kandang yang terisolir tertupu dan benar-benar bebas dari berbagai gangguan dari luar. Ini merupakan kandang yang akan di pakai jika ada salah satu ayam aduan muda yang mentalnya kian parah dan rusak hingga tak lagi bisa bertarung atau bahkan hanya sekedar bergaul dengn ayam betina. Maka biarkan ayam tersebut beberapa hari menetap pada kandang ini untuk memulihkan diri dan kembali mendapatkan mental bertarungnya. Dalam hitungan hari biasanya ayam ini akan kembali berkokok gagah dan siap di adukan lagi.
Sponsors Link

13. Pemberian Jamu Andalan

Anda bisa membangkitkan lagi gairah petarung yang seharusnya di miliki oleh ayam petarung dengan berbagai ramuan jamu herbal alami khusus ayam agar nantinya mereka bisa kembali bertarung. Ramuan jamu khusus ayam petarung ini adalah jamu yang terbuat dari berbagai bahan herbal alami seperti gula merah, kunyit dan madu. Selain pemberian jamu, anda juga bisa menggunakan nutrisi lain seperti vitamin buatan. Hal ini akan efektif dalam mengembalikan semua hal yang kian menurun dari sang ayam petarung.

14. Berikan Pakan Alami Pada Ayam Petarung

Agar ayam petarung menjadi lebih agresif, maka sangat disarankan untuk menambahkan pakan alami berupa pakan hidup didalam menu makanan ayam petarung. Anda bisa memberikan pakan berupa jangkrik, kroto hidup atau bahkan anak tikus. Mental ayam akan kian membaik dan terasah jika anda membiarkan mereka mencari dan mengejar mangsanya tersebut.

15. Melakukan Latihan Lari

Lakukan latihanng lebih 30 men fisik lari ini selama kurait. Ini merupakan salah satu latihan potensial dalam melatih pernafasan dan energi ayam petarung. Ada banyak cara yang di lakukan dalam latihan lari. Salah satunya dalah dengan menggunakan alat berupa kurungan roda putar. Namun tidak jarang banyak yang menggunakan teknik biasa yang manual. Ayam petarung yang akan melakukan latihan lari nantinya harus di kurung sedemikian mungkin dan berlari mengellingi kurungan yang anda siapkan tersebut.

Agar lebih efektif maka anda bisa melakukan pengurungan terhadap ayam lain di dalam kandang yang lebih kecil hingga ayam aduan akan terpacu dan mengejar ayam di dalam kandang kecil yang terpisah tersebut. Namun sebelum ayam tersebut mengalami kelelahan dan stress maka anda harus segera mengambil ayam yang berada di kurungan yang lebih kecil.