Kenali Sejarah dan Fakta Ayam Hias Kaki Gajah Dong Tau Asli Vietnam

Kenali Sejarah dan Fakta Ayam Hias Kaki Gajah Dong Tau Asli Vietnam

Jenis ayam Vietnam, ternyata tidak hanya ada sabung ayam Saigon jenis ayam saigon yang terkenal karena memiliki fisik yang aneh dan unik seperti pada bagian kepala yang botak. Namun masih ada lagi yang lebih aneh dan unik yaitu ayam hias kaki gajah dong tau, walalu sudah dengan fisik demikian yang sangat mengerikan, namun jenis ayam yang satu ini sangat populer di negara Vietnam.

Kenali Sejarah dan Fakta Ayam Hias Kaki Gajah Dong Tau Asli Vietnam

Jenis ayam yang satu ini, sempat menjadi ayam termahal yang ada di Indonesia. Ada juga salah satu restoran yang menjualnnya dengan harga tinggi. Bobot dari jenis ayam ini bisa mencapai 6/7

Ayam Dong Tau ini juga merupakan ayam termahal yang ada di sebuah restoran. Untuk ukuran bobot ayam ini bisa mencapai 6 hingga 7 kilogram dan bentuk kaki yang sebesar pergelangan tangan manusia.

umumnya jenis ayam pedaging harganya murah, harga untuk 1 kilogramnya ada pada kisaran VND 350-400 ribu setara dengan 213 ribu rupiah. Akan tetapi untuk jenis Ayam Dong Tau ini harganya bisa mencapai total hingga 6 juta VND atau 3 hingga 4 juta Rupiah. Harga yang sangat mahal untuk dimakan dan itu memang harga ayam pedaging yang ada di restoran mewah di Vietnam.

Jika menjelang tahun baru negeri Vietnam, jenis ayam ini bisa mencapai harga total 50 juta VND yang dapat kita beli di sebuah perternakan. Populasi awalnya jenis ayam yang satu ini berasal dari Provinsi Dong Nai oleh Vu Ngoc Tuan, dan di provinsi tersebutlah jenis ayam yang satu ini di ternak awalnya, dan sudah sampai 400 ekor.

Memelihara jenis ayam yang satu ini memang bisa di katakan sangat sulit karena di butuhkan waktu yang lama hanya untuk sekedar melihat jenis ayam yang satu ini bernajak dewasa. Setelah sudah dewasa barulah Dong Tau menyalurkan jenis ayam ini ke Rumah Makan mewah yang ada di kota Ho Chi Minh.

Satu lagi yang menjadi sebuah kendala yaitu dalam menternak ayam ini karena kakinya yang sangat besar. Akibatnya sangat menyulitkan sekali untuk ayam ini mengeramkan telurnya. Jadi harus menggunakan alat bantu penetas telur untuk bisa menetaskan telurnya.

Awalnya jenis ayam kaki gajah ini dibeli oleh tuan Ngoc Tuan hanya sebanyak 100 ekor. Namun dalam waktu yamg bertahun-tahun, jumlahnya semakin berkurang dan berkurang karena mati. Selama itulah Nguc Hua belajar memahami bagaimana cara menternak ayam tersebut.

Setelah sedikit demi sedikit dipahami selama bertahun-tahun, barulah bisa diketahui bahwa jenis ayam unik ini tidak boleh sampai mengalami stress. Karena Bila dikurung, ayam akan bertarung dengan satu sama lainnya dan membuat ayam kaki gajah ini menjadi berkurang karena mati. Oleh karena itulah jenis ayam ini harus dilepas liarkan ke ruangan bebas dan luas. Daging yang diberikan ayam ini bila dilepaskan rasanya juga akan semakin nikmat dan berkualitas.

Demikianlah berita tentang Info Laga Ayam dan pembahasan : Kenali Sejarah dan Fakta Ayam Hias Kaki Gajah Dong Tau Asli Vietnam. Salam Hangat Tim Info  Agen Sabung Ayam OnlineInfo Laga Ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *