CIri-Ciri dan Kebiasaan Ayam Hutan Lokal Asli Jawa

CIri-Ciri dan Kebiasaan Ayam Hutan Lokal Asli Jawa

Ketika ayam hutan menjadi primadona, Ayam hutan lokal asli Jawa masuk dalam golongan unggas dari suku Phasiandae, yang masih satu ras dengan ayam, puyuh, dan merak.

CIri-Ciri dan Kebiasaan Ayam Hutan Lokal Asli Jawa

Namun apakah anda pernah mendengar bahwa ayam hutan adalah nenek moyang ayam lokal yang ada di seluruh nusantara, Ayam Hutan Lokal Asli Jawa memiliki banyak nama, di setiap daerah berbeda nama, seperti canghegar/cangehgar, ayam allas/alas/tarattah.

Nama latin ayam hutan lokal asli jawa adalah, Galles Varius, di luar negeri seperti Inggris ayam hutan, di sebut dengan nama Green Junglefowl, Forktail atau Green Javanese Junglefowl.

Ayam hutan memiliki tubuh yang cukup panjang yaitu 60 Cm untuk pejantan, dan 42 cm untuk babonnya lebih lengkapnya lagi ciri ciri ayam hutan akan Agen Sabung Ayam Online bahas di bawah ini :

Ciri – Ciri Ayam Hutan

Pejantan dari ayam hutan lokal biasanya memiliki jengger yang tidak bergerigi, pada bagian tepi sedikit membulat, Berwarna merah dan ada sedikit hitam di bagian tengah, banyak bulu di leher, bagian tenguk dan mantel berwarna hijau berkilau dengan tepian kehitaman terlihat seperti sisik ikan, pada bagian pinggul banyak bulu-bulu panjang dan runcing, bentuk badan ayam hutan asli betinanya lebih kecil di bandingkan dengna pejantannya.

Pada pagi hari dan sore hari biasa ayam ini akan mencari makan di alam terbuka dan banyak rumput, pada siang hari ayam hutan akan tidur di dalam sarangnya atau di bawah pohon yang eindang dan teduh.

Ayam hutan biasanya memakan biji-bijian, rumput / dedaunan, anak serangga, dan semua hewan hewan kecil, seperti laba-laba, cacing, kadal, dan kodok keci, Ayam hutan juga terlihat sering mencari makan bersamaan dengan kawanan kerbau, banteng atau sapi.

Pada malam hari, kelompok ayam hutan akan tidur panjang di dekat rumpun bambu, daun-daun palem hutan di ketinggian 1,5 – 4 meter di atas tanah, ayam hutan biasanya kaan berkembang biak di bulan Oktober sampai November.

Ayam Hutan ternyata memiliki kelebihan lainnya, ayam hutan sudah bisa terbang rendah tidak seperti Sabung Ayam, atau jenis ayam hias lainnya yang tidak bisa terbang rendah sekalipun, Ayam hutan dewasa di kenal mampu terbang hingga ketinggian 7 meter. Bahkan bisa terbang lurus sampai beberapa ratus meter, bahkan ada mitos yang mengatakan ayam hutan mampu terbang dari satu pulau ke pulau lain yang berdekatan melintasi laut.

Demikianlah berita tentang Info Laga Ayam dan pembahasan : CIri-Ciri dan Kebiasaan Ayam Hutan Lokal Asli Jawa. Salam Hangat Tim Info  Agen Sabung Ayam OnlineInfo Laga Ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *