Ciri Khas Yang Terdapat Pada Ayam Birma Asli

Ciri Khas Yang Terdapat Pada Ayam Birma Asli

Mengenal lebih dekat perbedaan dari Ciri Khas Yang Terdapat Pada Ayam Birma Asli dengan ayam aduan lainnya dan yang hanya dari perkawinan silang, biasa perbedaan ini dilihat dari ciri fisik ayam birma asli dan perubahan ciri pada ayam yang sudah di kawin silangkan dengan ayam jenis lainnya.

Ayam Birma merupakan ayam aduan yang berasal dari negara Birma atau Burma atau sekarang yang disebut dengan Myanmar. Salah satu negara tetangga yang masih dalam lingkup Asean, lebih tepatnya berdampingan dengan Thailand, tempat asal ayam Bangkok yang telah populer di Indonesia. Sejatinya, ayam Birma asli merupakan ayam yang sering juga digunakan dalam arena aduan. Apabila dilihat sekilas ayam birma terlihat mirip dengan ayam kampung, namun jika di perhatikan lebih mendalam akan terlihat perbedaan nya antara ayam kampung dengan ayam Birma.

Ciri-ciri khas dari ayam Birma adalah ayam birma biasanya memiliki tulang lebih kecil. Tulang kecil ini adalah kelemahan dari ayam Birma sebagai ayam aduan. Akan tetapi kelemahan tersebut diimbangi dengan kelebihan ayam menjadi lebih lincah dam memiliki pukulan yang tajam.

Namun bagaimana cara menbedakan lebih spesifikasi tentang Ciri Khas Yang Terdapat Pada Ayam Birma Asli, berikut adalah ciri yang ada pada ayam Birma :

Ayam Birma memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar hampir menyerupai ayam kampung yang memiliki bobot maksimal sekitar 3kg. Dengan berat tubuh yang relatif kecil ini, menjadikan ayam Birma memiliki pergerakan yang lincah dan sulit di terka oleh lawannya dan membuat lawannya kebingungan dalam menghidari serangan Ayam Birma.

Bagian wajah ayam birma ini hampir sama dengan ayam bangkok dan ayam kampung dimana bentuk telinga kadang agak besar, mata kurang cekung, paruh yang lebih kecil dan badan yang kurang berotot. Tapi jenis bulu yang dimiliki oleh ayam birma tidak seperti ayam Thailand kebanyakan. Ayam Birma memiliki warna bulu campuran dari merah, Wido dan juga warna abu-abu. Badannya juga memiliki banyak bulu yang dimana bulu sayap birma panjang.

Ayam Birma keturunan asli akan memiliki jengger yang tegak dan kecil dengan bentuk yang menyerupai tanduk ular. Jengger kecil tersebut menandakan bahwa ayam tersebut memiliki gaya bertarung yang gesit dan lincah.

Tanda genetik asli terdapat warna putih di bagian telinga. Tanda tersebut menunjukan bahwa ayam birma itu masih tergolong jenis jenis ayam yang liar. walaupun ayam tersebut sudah banyak yang di kawin silangkan , namun ayam birma dari keturunan asli masih terdapat tanda warna putih seperti mimin jelaskan di atas tadi.

Untuk bagian mata sendiri ayam memiliki mata yang sedikit cembung sehingga terlihat seperti sedang melotot. Hal ini juga menandakan ayam Birma kelihatan Beringas bahkan terlihat lebih ganas dari ayam aduan lain seperti ayam Thailand,ayam Saigon dan ayam Bangkok.

Sedangkan untuk bagian tulang ayam memiliki tulang yang kecil dan lebih tipis, selain itu ia juga memliliki jari-jari kaki yang kecil dan panjang, Meskipun kakinya dengan jarinya yang kecil dan panjang, untuk pukulan dari ayam birma ini memiliki pukulan yang sangat kuat dan akurat.

Demikianlah Informasi sekilas tentang pemahaman dari Ciri Khas Yang Terdapat Pada Ayam Birma Asli yang bisa diamati secara fisik. Untuk mengetahui mana ayam Birma aduan yang asli, maka kamu bisa menghindari para penjual nakal yang tidak bertanggung jawab menjual ayam kampung sebagai ayam Birma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *