Ramuan-Ramuan Mengatasi Ayam Ngorok

Ramuan-Ramuan-Mengatasi-Ayam-Ngorok

Penghobi ayam pastilah pernah mengalami beberapa penyakit pada ayam peliharaannya. Salah satu penyakit yang dapat terjadi pada ayam adalah ngorok. Penyakit ngorok juga dikenal sebagai penyakit flu dan pilek pada ayam. Penyakit ini merupakan pnyakit yang menyerang sistem pernapasan ayam yang disebabkan bakteri sehingga menimbulkan suara ketika ayam bernapas.

Penyakit ngorok ini dapat menyebabkan kematian, pertumbuhan lambat, produksi telur menurun bahkan terhenti sama sekali. Selain itu penyakit ini dapat menular ke sesama ayam.

Akan tetapi sekarang anda tidak pelu khawatir karena kami akan membagikan tips Ramuan-Ramuan Mengatasi Ayam Ngorok. Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

  • Buah Belimbing wuluh

Buah belimbing wuluh juga dipercaya dapat mengatasi ayam ngorok. Buah yang sering disebut sebagai belimbing sayur ini mengandung banyak Vitamin C, Vitamin B, zat besi, serat, hingga antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi penyakit ayam ngorok.

Cara membuat ramuan dari buah belimbing adalah smbil 1 buah belimbing wuluh dan peras sarinya. Berikan ramuan pada ayam yang sakit sehari 1x bisa di pagi hari atau sore hari.

  • Bawang putih

Bawang putih yang biasanya digunakan sebagai sebagai bumbu dapur, ternyata bisa digunakan sebagai ramuan obat untuk ayam di tangan peternak ayam, peternak ayam Bangkok justru banyak yang menggunakan bawang sebagai obat alami untuk mengatasi ayam ngorok. Bawang putih sendiri mengandung zat aktif yang bersifat anti bakteri dan antiradang. Zat anti bakteri pada bawang putih dapat membantu membasmi bakteri penyakit yang ada pada saluran pernapasan, dan anti radang akan menghilangkan lendir akibat peradangan.

Cara membuat ramuan dari bawang putih adalah parut bawang putih dan ambil sarinya, campurkan sari bawang putih tadi dengan sedikit air hangat. Beri ramuan pada ayam yang sakit 2x sehari di pagi dan sore hari.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis sendiri mengandung mengandung zat flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin yang berguna untuk kesehatan ayam. Ternyata juga berkhasiat mengatasi ayam ngorok.

Cara membuat ramuan dari jeruk nipis adalah ambil jeruk nipis yang telah dicuci, lalu peras jeruk nipis dan campur perasan jeruk nipis dengan kecap manis. Beri ramuan pada ayam yang sakit 1x sehari di pagi atau sore hari.

  • Daun sirih

Daun satu ini juga terbukti sangat bermanfaat untuk mengatasi ayam yang terkena penyakit ngorok karena mempunyai beberapa kandungan zat baik seperti minyak atsiri, karoren, asam nikotinat, riboflavin, dan tiamin.

Cara membuat ramuan dari daun sirih adalah ambil daun sirih lalu cuci bersih, setelah itu rebus daun dengan satu gelas air bersih lalu saring dan campur air rebusan dengan satu perasan jeruk nipis. Beri ramuan pada ayam yang sakit 2x sehari, pagi dan sore.

Selain memperhatikan asupan makanan, penting sekali merawat kebersihan kandang agar udara yang terdapat dikandang berkualitas dan bersih agar ayam anda terhindar dari berbagai penyakit. Pengaturan kandang ayam, suhu, kelembapan, serta ventilasi kandang haruslah baik karena sangat berpengaruh pada kualitas udara. Udara yang bersih tentu dapat menghindarkan ayam dari berbagai penyakit yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *