Kesalahan Yang Sering Dilakukan Para Penghobi Ayam Aduan

Kesalahan-Yang-Sering-Dilakukan-Para-Penghobi-Ayam-Aduan

Dalam melakukan perawatan pada ayam aduan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. para penghobi sering melakukan kesalahan dalam hal yang sama, tapi kesalahan yang sering dianggap sepele ini sebaiknya anda hindari. Saat melakukan perawatan ayam aduan kita diharuskan lebih teliti dan hati-hati. Jika kesalahan perawatan bisa menyebabkan ayam sakit sampai bisa menyebabkan kematian pada ayam kesayangan anda.

Berharap ayam aduan kita bisa tumbuh maksimal dan sehat hingga menjadi ayam yang berkualitas merupakan keinginan semua penghobi. Oleh karena itu berikanlah perawatan yang benar pada ayam aduan. Berikut beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Para Penghobi Ayam Aduan yang tidak disarankan untuk anda ikuti

  • Memandikan Ayam Dengan Air Hangat
    Memandikan ayam adalah cara terbaik untuk meningkatkan mutu ayam aduan. Akan tetapi ketika memandikan ayam ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Banyak dari para botoh yang beranggapan air hangat baik untuk memandikan ayam.

Nah bagi sobat yang masih bingung sebaiknya jangan, biasanya penggunaan air hangat ini yaitu untuk memandikan ayam yang terluka saat selesai bertanding, bukan untuk perawatan harian.

Umumnya fungsi dari air hangat adalah untuk membersihkan luka, menghilangkan kuman dan mengendorkan otot ayam yang kaku.

  • Memberikan Latihan Fisik Secara Berlebihan
    Melatih fisik ayam aduan memang penting, tapi sebaiknya jangan sampai melewati batas kewajaran. Latihan fisik pada ayam berguna untuk membentuk otot, mental serta pengalaman bertarung ayam aduan.

Namun banyak dari kita yang masih melakukan kesalahan sehingga memberikan jadwal latihan kepada ayam secara berlebihan.

Intinya latihan yang melewati batas justru sama sekali tidak bermanfaat. Bahkan ini bisa menyebabkan ayam kesayangan kita mengalami cedera.

Jadi sesuaikan pola latihan ayam aduan secara benar dan ter jadwal sesuai kesanggupan ayam.

  • Latihan Dengan Melempar Ayam Ke Udara
    Salah satu cara paling ekstrim ketika melatih ayam aduan ialah dengan melemparkan ke udara.

Banyak yang menganggap latihan ini dapat menguatkan otot sayap dan otot paha ayam bangkok. Bagi anda yang masih menggunakan cara berbahaya ini sebaiknya tidak melakukannya lagi.

Pasalnya ini bisa saja menyebabkan ayam jadi cedera. Tidak jarang pula justru ayam yang dilemparkan ke atas jatuh dan membentur tanah dengan keras.

  • Pelatihan Dengan Mengangkat Ekor
    Bagian pangkal ekor merupakan bagian vital pada ayam, bagian vital tentunya harus kita jaga dengan hati-hati. Sebagian besar para penghoby sering menganggapnya hal tersebut sepele. Pada hal apabila bagian ini rusak bisa menyebabkan ayam menjadi sakit dan bahkan kematian.
  • Pelatihan Dengan Pemberat
    Untuk saat ini banyak beredar alat-alat untuk melatih ayam dipasaran salah satunya adalah barbel. Barbel adalah pemberat yang dijadikan sebagai alat latihan. Para penghoby banyak yang menggunakan pemberat pada kaki ayam dengan tujuan agar ayam memiliki pukulan yang kuat. Tapi pada dasarnya penggunaan barbel untuk ayam sama sekali tidak dianjurkan. Dikarenkan dengan penggunaan yang berlebihan bisa membuat kaki menjadi cacat.
  • Memandikan Ayam Muda
    Pada umumnya ayam aduan mulai bisa dilakukan perawatan mandi saat usia sudah lebih dari 7 bulan. Dimana ayam sudah memasuki tahapan ayam dewasa. Jadi untuk ayam yang masih sangat muda tidak dianjurkan untuk dimandikan. Cukup berikan makanan yang bergizi dan kaya dengan vitamin yang berguna untuk pertumbuhan ayam.
  • Menjemur Ayam
    Jenis ayam aduan memang perlu untuk dijemur demi meningkatkan kualitas tempur ayam. Menjemur ayam sangat bermanfaat untuk stamina ayam aduan. Akan tetapi sebagian orang melakukan kesalahan fatal dengan menjemurnya secara berlebihan. Waktu menjemur ayam aduan yang baik pukul 9-11 siang yang berarti cukup 2 atau 3 jam saja.

Pada dasarnya perawatan ayam aduan hanya perlu kesabaran dan ketekunan agar ayam anda sehat selalu. Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Para Penghobi Ayam Aduan diharapkan tidak anda ikuti jejaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *