Cara Memandikan Ayam Aduan Yang Baik Dan Benar

Cara-Memandikan-Ayam-Aduan-Yang-Baik-Dan-Benar

Memandikan ayam bangkok aduan kesayangan tentunya merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan, ayam bangkok aduan yang menjadi kebanggan di arena pertandingan harus memiliki penampilan bagus yang bisa di lihat oleh para bobotoh lainnya.

Tidak hanya penampilan tubuh yang tegap dengan bulu yang indah yang anda pentingkan pada ayam bangkok anda, tetapi juga penampilan tubuh yang bersih dan segar itu sangat di perlukan untuk menigkatkan kepercayaan diri sang ayam dalam pertarungan.

Jika anda ingin menmiliki penampilan yang bagus dan indah di lihat pada ayam bangkok anda, tentu nya langkah tersebut butuh proses untuk mencanpai nya, diperlukan berbagai macam cara dan perawatan yang baik dan benar pada ayam bangkok anda agar terlihat indah dan segar.

Perlu anda ketahui bahwa ayam bangkok aduan juga perlu dimandikan setiap pagi agar ayam bangkok anda terlihat segar dan sehat, bagi anda yang ingin memiliki ayam bangkok aduan dengan tampilan yang bagus dan indah, bisa anda lakukan dengan cara sederhana yaitu cukup memandikan sang ayam dengan benar, di sini kami akan berikan Cara Memandikan Ayam Aduan Yang Baik Dan Benar :

  • Jepit ayam menggunakan kedua lutut pada posisi jongkok dan sang ayam membelakangi anda
  • Tundukan kepala sang ayam lalu basuh kepalanya itu dengan busa yang sudah dibasahi dengan air secara perlahan
  • Selanjut nya leher ayam bisa anda pegang dengan tangan kiri dan kemudian tangan kanan mengguyurkan air secara perlahan-lahan hingga mengenai bagian tengkuk dan pangkal sayap
  • Lalu bagian leher dibasuh dengan handuk kering supaya tidak terlalu banyak kandungan air pada bulu hiasnya, kemudian bagian dada anda basuh dengan handuk hingga ke bawah sampai ke bagian belakang ekor sampai kering.
  • Untuk bagian punggung tidak perlu anda mandikan, karena jika anda mandikan bagian punggung justru dapat merusak bulu-bulu sehingga menjadi kusut dan mudah patah dan lama – lama akan menjadi botak.
  • Perlu ingat bahwa setiap kali habis pemakaian, busa atau handuk yang digunakan memandikan ayam ada baik nya selalu dicuci dan diperas supaya tetap bersih dan di jemur agar tidak ada kuman yang bersarang.
  • Setelah selesai memandikan ayam bangkok anda dengan benar sesuai dengan cara yang ada di atas, tahap selanjutnya adalah penjemuran yang bertujuan untuk memperindah bulu yang mengkilap pada ayam bangkok anda.
  • Untuk waktu penjemruan ayam bangkok aduan, baik nya pada jam 08.00 – 09.30 pagi, karena jika sudah jam 10.00 terik matahari akan terlalu panas dan tidak baik untuk tubuh ayam bangkok anda yang habis di mandikan.

Demikian infomasi yang kami berikan tentang Cara Memandikan Ayam Aduan Yang Baik Dan Benar, semoga bisa bemanfaat bagi bobotoh dan para pecinta sabung ayam.