Tips Perawatan Ayam Aduan Dari Anakan Hingga Dewasa

Tips-Perawatan-Ayam-Aduan-Dari-Anakan-Hingga-Dewasa

Dalam arena sabung ada banyak sekali jenis ayam yang sering di gunakan akan tetapi cara melatih ayam aduan jenis apapun pastilah sama. Ayam aduan adalah ayam jantan yang dijadikan petarung tangguh. Ayam aduan memang sengaja di rawat dan di latih untuk di adu dengan ayam lainnya. Ayam aduan memang tidak terlalu sulit di pelihara, namun meskipun tidak terlalu sulit untuk dipelihara setidaknya anda harus terlebih dahulu memiliki dasar-dasar cara merawat ayam aduan sejak dini.

Ayam aduan yang masih muda terhitung dari ayam menetas hingga ayam berusia 10 bulan. Anda tentunya memerlukan panduan pemeliharaan agar ayam aduan yang masih muda tersebut bisa tumbuh dan berkembang menjadi ayam aduan yang nantinya bisa menjadi jawara.

Biasanya ada kesalahan yang sering di lakukan dalam pemeliharaan ayam aduan saat mereka masih berusia muda. Ayam-ayam aduan dewasa akan bisa melakukan perkembangan yang cepat jika anda memberikan pelatihan yang baik dan benar sejak awal. Ayam aduan yang tidak tumbuh dengan sempurna memang salah satu dampak dari kesalahan perawatan dan pelatihan.

Bahkan ayam akan menjadi sakit dan tidak bisa di adu jika anda tidak merawat dan melatihnya dengan benar. Kesempatan untuk menjadi sang jawara sangat terbuka lebar jika anda bisa melakukan perawatan yang benar. Berikut beberapa tips dari kami untuk melatiha ayam aduan :

  • Perawatan Awal Menetas
    Induk ayam biasanya membutuhkan 21 hari untuk mengerami telur-telur ayam agar menetas. Ketika menetas maka anak ayam tersebut sudah terbilang berumur 1 hari. Ketika menginjak usia ini, sebaiknya anda meletakkan anak ayam aduan tersebut di dalam wadah berupa kotak yang sudah di lengkapi dengan lampu penghangat.
  • Usia 3 Bulan
    Ketika mereka mulai tumbuh dan berkembang dan kotak tersebut mulai sempit maka anda di haruskan memindahkannya ke kandang yang lebih besar lagi. Untuk makanan pakannya, anda bisa memberikan pakan poor atau kosentrat yang masih berukuran kecil. Usahakan anda selalu menjaga kebersihan kandang, karena anak ayam akan mudah terkena serangan penyakit yang bersarang di kandang yang kotor. Gunakan juga beberapa vitamin dan berbagai obat pertumbuhan agar anak ayam bisa tumbuh sehat. Lakukan pemberian makan dan minuman yang rutin untuk anak ayam aduan tersebut.
  • Perawatan Diusia 3 Bulan

Di usia ini anda sudah bisa memberikan pakan berupa konsentrat biasa yang berukuran lebih besar. Bahkan anda juga sduah bisa memberikan pakan campuran beras, dedak dan jagung. Biasanya ayam petarung yang telah berusia 3 bulan ini akan mulai agresif untuk bertarung mencari daerah kekuasaan dan berusaha menjadi pemimpin.

  • Perawatan Usia 6 Bulan

Sebaiknya para ayam ayam petarung yang sudah berusaha bertarung anda pindahkan ke kandang pribadi atau di pisahkan. Anda bisa melakukan pengumbaran ketika ayam tersebut telah menginjak usia 3 hingga 6 bulan agar otot-ototnya tidak kaku dan sehat. Agar pertumbuhan tulangnya bisa optimal, maka anda bisa membiarkan ayam tersebut melakukan mandi tanah atau kipu.

  • Perawatan Hingga 10 Bulan
    Ketika ayam aduan telah memasuki usia diatas 6 bulan, maka anda sudah bisa memberikan macm-macam makanan agar kebutuhan vitamin dan gizi tercukupi. Kebutuhan ini untuk membentuk tubuh yang ideal bagi ayam aduan tersebut ini merupakan masa dimana ayam aduan akan membentuk tubuh ideal dan membentuk kekuatan otot maupun tulang yang optimal. Ini juga masa di mana ayam aduan tersebut mulai nyulam atau adanya proses pertumbuhan bulu.

Sekian pembahasan kami tentang Tips Perawatan Ayam Aduan Dari Anakan Hingga Dewasa semoga pembahasan ini dapat mebantu anda dalam bertenak ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *