Cara Pengobatan Mata Yang Terluka Pada Ayam Aduan

Cara-Pengobatan-Mata-Yang-Terluka-Pada-Ayam-Aduan

Adapun jenis-jenis penyakit mata yang bisa menimpa ayam aduan kesayangan sebagai berikut seperti mata ayam bengkak, berbusa, berair siwar atau rabun. Penyakit mata pada ayam aduan biasanya bisa timbul diakibatkan pergantian cuaca yang buruk dan tak menentu, kondisi kandang yang kurang bersih dan hangat juga bisa menjadi salah satu penyebab.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang mata ayam yang terluka ketika usai ayam bertarung di dalam arena sabung ayam. Dimana pada saat bertarung sering kali mata ayam terkena serangan yang bisa mengakibatkan mata robek dan sangat beresiko tinggi pada ayam yang bisa menyebabkan kebutaan. Jika sampai mata ayam anda pecah karena pukulan ayam lawan.

Mengobati mata ayam aduan yang terluka pasca pertandingan harus ada penanganan khusus dan harus secara langsung di berikan kepada ayam yang terluka, pengobatan dengan pemberian obat merah atau anti septik sebenarnya kurang tepat untuk di lakukan. Jika pengobatan tidak langsung di berikan pada mata ayam yang terluka akibat pukulan dari lawan nya bisa memberikan lubang pada mata. Penanganan yang cepat juga akan meringankan penderitaan ayam dan menjauhkan ayam dari resiko terinfeksi.

Perkembangan penggunaan obat tradisional untuk penyembuhan penyakit ayam aduan sudah begitu maraknya beredar dan seiring perkembangan jaman di temukan penyakit modern yang tidak bisa di tangani oleh ilmu kedokteran. Kemudian menurut beberapa pakar ayam pemberian daun kelor yang telah di tumbuk halus dan di oleskan pada luka ayam dapat mempercepat proses penyembuhan ayam aduan dan bisa juga menggunakan getah ubi rambat yang di mana menurut penelitian membuktikan tanaman kelor mengandung zat antibiotik sebagai zat pencegah infeksi dan dapat mempercepat penyembuhannya.

Cara-cara pemberian obat tradisional ini jika menggunakan daun kelor yaitu dengan memanfaatkan getah daun berwarna putih bening pada tangkai daun dan anda bisa teteskan getah pada bagian mata ayam yang luka dengan takaran 1-2 tetes saja. Penanganan cepat ini dapat di lakukan jika ayam anda mengalai cedera pada mata karena terkena pukulan dari lawan dan jika mata ayam sudah di teteskan maka langkah selanjutnya adalah menutup mata ayam dengan plaster selama satu hari penuh. Apabila masih merasa tidak cukup anda bisa kembali melakukan ulang pada hari berikutnya sampai mata ayam anda benar-benar sembuh. Semoga saja cara ini berguna bagi anda dan anda bisa mencoba di rumah dengan ayam kesayangan anda sekian dan terima kasih.

Demikianlah artikel dari Cara Pengobatan Mata Yang Terluka Pada Ayam Aduan. Semoga bermanfaat bagi para penggemar sabung ayam dimanapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *