Pemberian Pakan Yang Cocok Untuk Ayam Bangkok Sesuai Dengan Umur

Pemberian-Pakan-Yang-Cocok-Untuk-Ayam-Bangkok-Sesuai-Dengan-Umur

Ayam bangkok merupakan salah satu tipe ayam yang sering digunakan dalam arena sabung ayam. Jenis ayam petarung ini diketahui memiliki beberapa perbedaan dan keunggulan dari jenis ayam lain. Sehingga banyak botoh Indonesia berlomba-lomba ingin memelihara ayam bangkok. Tak hanya sebagai ayam aduan, ayam jenis ini juga dapat dijadikan peluang usaha karena memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Untuk berternak ayam satu ini, kita juga harus mengetahui cara yang tepat untuk membuat racikan pakan ayam aduan ini. Dikarenakan jika dengan membeli pakan ayam bangkok dipasaran akan mahal dan tentunya itu akan membuat pengeluaran kita membesar. Supaya kita tidak rugi dalam usaha ternak ayam bangkok, maka kita harus mencari alternatif pakan ayam bangkok yang memperkecil pengeluaran dengan meraciknya sendiri.

Dengan meracik sendiri pakan ayam kita tentunya akan menghemat biaya dan nutrisi gizinya ayam juga tercukupi. Setiap pemberian pakan ayam juga harus disesuaikan dena umur dari ayam, berbeda usia berbeda pula gizi yang dibutuhkan oleh ayam. berikut kami jabarkan Cara Meracik Pakan Ayam Bangkok sesuai dengan usia dari ayam

Ayam Usia 0-3 Bulan
Makanan dengan Voer atau konsentrat merupakan makanan yang sering diberi untuk ayam yang baru menetas. Konsentrat merupakan bahan pakan yang digunakan bersama bahan pakan lain demi menambah keseimbangan gizi dari ayam bangkok. Dan dimaksudkan untuk disatukan dan dicampur sebagai pakan pelengkap untuk ayam yang baru menetas.

Namun bila ayam sudah berumur satu bulan, peternak ayam bangkok bisa mencampur konsentrat dengan bahan lain seperti nasi putih, dedak, ataupun ampas tahu. Cara mebuat ramuan nya adalah konsentrat diberikan sedikit air dengan dengan campuran nasi putih. Sebelum diberikan kepada ayam, tunggu hingga tekstur nasi putih lembut dan mengembang. Untuk menghemat pengeluaran, anda juga bisa mencampurnya dengan ampas tahu ataupun dedak dengan cara mencampurnya yang sama.

Ayam Bangkok Lancuran dan Indukan
Memasuki umur lwbih dari 4 bulan hingga dewasa, nutrisi dan asupan gizi harus semakin diperhatikan agar pertumbuhan ayam semakin sehat dan prima.

Pakan untuk ayam aduan 4 hingga dewasa tidaklah jauh berbeda dengan racikan pakan untuk ayam usia 0-3 bulan. Cara ini juga jauh lebih hemat dan sehat, sehinga dapat menambah nutrisi gizi bagi ayam bangkok. Perbedaannya konsentrat ditukar dengan jagung, yang kemudian dicampur dengan dedak, gabah dan juga nasi.

Pemberian pakan ayam bangkok juga harus diberikan secara teratur agar perkembangan ayam bangkok juga akan menjadi baik. Racikan alami yang dijelaskan tadi sudah tentu memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk ayam bangkok sehingga akan membuat ayam sehat. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *