Manfaat Dan Khasiat Madu Untuk Ayam Aduan

Manfaat-Dan-Khasiat-Madu-Untuk-Ayam-Aduan

Menurut para penelitian madu dapat mengurangi resiko kekurangan gula saat latihan dan meningkatkan persediaan karbohidrat selama berlatih. Hal ini menunjukkan bahwa madu sangatlah baik untuk untuk di konsumsi terutama untuk aktivitas yang menuntut stamina tinggi dan secara umum madu berkhasiat untuk menghasilkan energi yang meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina.

Sejauh ini penggunaan madu sebagai penguat tenaga ayam di dasarkan atas pengalaman sehingga perlu di lakukan penelitian untuk mendapatkan data ilmiah mengenai efeknya madu sebagai penguat tenaga. Hasil inipun di harapkan dapat di gunakan sebagai data preklinis ilmiah yang melandasi penggunaan madu sebagai penambah stamina.

Madu merupakan cairan alami yang pada umumnya memiliki rasa manis di hasilkan oleh lebah madu yang berasal dari sari bunga tanaman atau bagian lain dari tanaman atau ekskresi serangga yang berkhasiat dan bergizi tinggi. Madu tersusun dari beberapa senyawa gulu seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral yang mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari yang di ambil lebah. Di samping itu juga dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng serta beberapa jenis hormon.

Kualitas madu di tentukan oleh waktu pemanenan madu, kadar air, warna madu, rasa dan aroma madu. Waktu memanen madu harus di lakukan pada saat yang tepat yaitu ketika di mana madu telah matang dan sel-sel madu mulai di tutup oleh lebah. Selain itu kadar air yang terkandung dalam madu juga sangat berpengaruh terhadap kualitas madu. Madu yang baik itu adalah yang mengandung kadar air sekitar 17-21 persen.

Dalam kesehatan ayam petarung itu madu berkhasiat untuk menghasilkan energi yang meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina. Ada juga beberapa Bebotoh yang mewajibkan mengonsumsi madu sebelum ayam bertanding

Penambah stamina ini kemungkinan di sebabkan oleh nutrisinnya yang lengkap dan merupakan penghasil energi yang unik bagi manusia maupun ayam petarung. Madu sebagai sumber energi dan nutrisi di buktikan dengan jumlah energi yang di kandungnya yaitu 3280 kilokalori/kg madu setara dengan 50 butir telur ayam, 5,7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4 kg kentang dan 1,68 kg daging.

Keunggulan lainnya yaitu madu mudah di cerna serta hal ini di karenakan karbohidrat yang pencernaan lebah ketika masih berupa nektar. Selain itu campur dengan air hangat di mana madu dapat berdifusi ke dalam darah selama waktu 7menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi menjadi lebih baik di karenakan otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *