Tips Perawatan Ayam Aduang Susah Gemuk

Tips-Perawatan-Ayam-Aduang-Susah-Gemuk

Ayam bangkok harus mempunyai bentuk tubuh yang besar dan kekar supaya menang bertanding. Jadi dalam hal ini ayam tidak kurus dan tidak kegemukan juga. Untuk menggemukan ayam bagian paling penting diperhatikan adalah pakan, nutrisi yang cukup akan mempercepat pertumbuhan ayam, akan tetapi ada juga faktor yang bisa menjadi pemicu ayam susah gemuk. Mengurangi aktivitas fisik pada ayam juga penting pada masa penambahan berat badan ayam

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Cara Menggemukan Ayam Bangkok Yang Kurus. Berikut cara yang bsa anda tempuh untuk menggemukan ayam bangkok

  • Obat Cacing
    Ayam cacingan juga merupakan salah satu faktor penyebab ayam tidak mau gemuk. Maka dari itu anda bisa memberikan obat cacing terlebih dahulu. Obat cacing mudah ditemukan di apotik atau anda bisa mencoba membuatnya sendiri menggunakan bahan alami.
  • Voer
    Pemberian pakan voer atau kosentrat merupakan cara paling efektif menambah berat badan ayam muda. Pakan voer ini sangat cocok untuk menggemukan ayam bangkok muda. Akan tetapi voer ini tidak cocok untuk ayam dewasa karena dapat melemahkan otot ayam.
  • Daun Pepaya
    Nutrisi pada daun pepaya sangat bermanfaat bagi ayam bangkok aduan. Dimana daun bisa meningkatkan nafsu makan dan mempercepat metabolisme ayam bangkok. Pemberian daun pepaya secara rutin sangat bagus untuk menjaga kesehatan ayam bangkok anda.
  • Beras Merah
    Beras merah ini sangat bermanfaat agar ayam bangkok tidak kegemukan. Anda dapat memberikan beras merah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada ayam. Protein yang terkandung di dalam beras merah sangat bagus untuk menjaga otot ayam bangkok.
  • Telur Puyuh / Telur Bebek
    Kandungan protein pada telur puyuh ataupun telur bebek termasuk yang paling tinggi. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk diberikan pada ayam bangkok agar ayam lebih berkualitas. Telur juga berfungsi untuk menambah berat badan ayam sekaligus untuk pembentukan otot ayam.
  • Pemberian Nasi
    Pada saat menambah berat badan ayam kita bisa memberikan tambahan nasi putih pada pakan ayam. Karbohidrat yang terkandung pada nasi sangat berguna untuk ayam. Nasi putih lebih bagus karena tidak membuat otot ayam lembek. Jadi pakan ini lebih baik untuk ayam dewasa dibandingkan voer tadi.
  • Buah dan Sayuran
    Buah dan sayuran merupakan pakan tambahan yang tidak kalah pening dikarenakan pada buah dan sayuran terdapat banyak gizi yang dibutuhkan ayam. Buah dan sayur kaya akan serat dan protein sehingga sangat bagus untuk menambah berat badan ayam bangkok dan jadi berisi dan kekar.

Beberapa jenis makanan di atas bisa membantu menggemukan badan ayam bangkok anda. Agar hasil maksimal ayam tidak harus di kurung jadi sekali-kali perlu diberikan latihan fisik supaya otot ayam tidak lemas dan loyo.