Cara Mengobati Luka Dalam Dan Luka Luar Ayam Aduan

Cara-Mengobati-Luka-Dalam-Dan-Luka-Luar-Ayam-Aduan

Pada kesempatan kali ini kami ingin menyampaikan informasi tentang Cara Mengobati Luka Dalam Dan Luka Luar Ayam Aduan. Dalam pertarungan laga ayam aduan, luka adalah sesuatu yang mustahil untuk kita hindari. Jarang sekali ada ayam yang bersih dari luka setelah mengikuti laga ayam dalam arena sabung ayam.

Untuk mengobati luka ayam aduan tidak perlu membeli obat yang mahal. Kita bisa mencari sendiri sumber obat tradisional yang mudah untuk ditemukan dan mudah cari penggunaannya contohnya seperti lidah buaya dan lain-lain. Jenis luka yang biasa dialami oleh ayam aduan terbagi menjadi dua yaitu luka dalam dan luka luar. Salah satu contoh luka luar adalah luka gores, memar dan kulit sobek, Sedangkan contoh luka dalam adalah seperti lebam, keram otot yang dapat mengakibatkan ayam menjadi lesu.

Berikut adalah Cara Mengobati Luka Luar Ayam Aduan
Kita dapat menggunakan dedaunan untuk mengobati luka luar pada ayam. Jenis-jenis daun yang bisa digunakan antara lain seperti daun pegagan, lidah buaya, cocor bebek, senduduk dan masih banyak dedaunan alami yang dapat menyembuhkan luka pada ayam. Berikut cara penggunaan daun-daun tersebut pada luka ayam aduan.

  • Penggunaan pegagan dan senduduk dapat dihaluskan dengan cara ditumbuk atau dicincang hinggal halus dan dapat dioleskan secara langsung pada luka ayam.
  • Cocor bebek dan lidah buaya bisa digunakan dengan cara menumbuknya lalu ditambahkan air dan dapat dioleskan langung pada luka ayam. Manfaat ekstrak lidah buaya dapat mencegah infeksi pada luka ayam tanpa membuat rasa perih pada ayam.
  • Yang terakhir adalah babadotan, babadotan merupakan salah satu jenis rumput liar yang mudah untuk ditemui dimana saja. Walaupun termasuk rumput liar, tumbuhan ini merupakan obat tradisional untuk luka ayam.

Berikut adalah Cara Mengobati Luka Dalam Ayam Aduan
Terkena pukulan telak dengan taji yang tumpul merupakan salah satu penyebab dari terjadinya luka dalam pada ayam aduan. Pukulan jenis ini dapat menyebabkan lebam pada ayam dan cedera otot pada ayam aduan. Efek dari cedera tersebut adalah membuat ayam aduan susah bergerak dan lesu.

Untuk mengobati luka dalam anda dapat menggunakan kencur. Cara pengolahannya adalah diparut sesusai dengan kebutuhan lalu campurkan dengan minyak telon atau minyak gosok lalu oleskan dimana luka tersebut berada. Mengobati lebam pada ayam aduan juga baik menggunakan ekstrak kencur dengan cara diminumkan kepada ayam. Karena Air kencur dapat mencuci darah kotor pada ayam yang membuat ayam semangat kembali dan tidak lesu.

Sekian pembahasan kami tentang Cara Mengobati Luka Dalam Dan Luka Luar Ayam Aduan, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *