Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

Manfaat-Daun-Sirih-Untuk-Ayam-Aduan

Daun sirih merupakan tanaman merambat dan tanaman ini tumbuhan herbal yang memiliki banyak khasiat. Masyarakat kita terutama orang dahulu menggunakan daun sirih untuk nyirih yang berguna untuk menguatkan gigi. Tidak hanya itu saja, daun sirih kerap di gunakan pada berbagai acara ritual dan digunakan untuk pengobatan tradisonal.

Pemberian daun sirih bagi ayam aduan bukanlah sesuatu yang baru. Tapi sebagian botoh masih belum tahu apa saja yang sebenarnya terkandung di dalam daun sirih serta manfaatnya untuk ayam. Bila dibandingkan dengan obat kimia pemberian obat alami akan jauh lebih aman terhadap ayam bangkok. Berikut ini Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan :

  • Obat Antibiotik
    Daun sirih bisa dijadikan alternatif pengganti antiseptik dan antibiotik. Rebusan air daun sirih bermanfaat untuk obat antiseptik dan antibiotik alami.
  • Jamu Tradisional
    Jamu merupakan kebutuhan penting untuk meningkatkan kualitas ayam aduan. Salah satu bahan yang berguna untuk bahan pembuatan jamu ayam aduan adalah daun sirih yang dapat diberikan sebagai pakan atau minum ayam.
  • Obat Penyakit Ngorok
    Rebusan air daun sirih dapat dimanfaatkan untuk air minum ayam aduan yang sakit ngorok. Dengan begitu akan membunuh bakteri penyebab penyakit pada ayam.
  • Obat Pencernaan
    Tidak sedikit ayam yang mengalami masalah pecernaan akan mengalami kurus dan susah gemuk. Daun sirih juga bisa menyehatkan pencernaan ayam dan mengobati berbagai penyakit seperti cacingan, berak darah dan berak kapur.
  • Obat Kurap
    Penyakit kulit ini sering menyerang ayam karena kebersihan yang kurang diperhatikan. Mandikan ayam aduan dengan daun sirih untuk mencegah pertumbuhan kuman pada ayam.
  • Memperpanjang Stamina
    Agar nafas ayam aduan panjang perlu diberikan perawatan dan latihan, salah satu alternatifnya bisa dengan memberikan ramuan dari daun sirih.
  • Membasmi Kuman dan Kutu
    Kondisi kandang yang kotor dapat memicu perkembangan kuman dan kutu yang dapat menyebabkan beragam penyakit pada ayam aduan. Daun sirih bisa dijadikan juga sebagai pembasmi kuman dan kutu dengan cara disemprotkan pada kandang ayam.

Terdapat berbagai tanaman tradisional yang mudah di dapatkan bermanfaat untuk ayam aduan. Pada dasarnya penggunaan bahan herbal jauh lebih baik daripada bahan kimia. Sekian pembahasan kami tentang Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan semoga bermanfaat.