Kelebihan Dan Kekurangan Dari Indukan Unggul Dan Cetak

Kelebihan-Dan-Kekurangan-Dari-Indukan-Unggul-Dan-Cetak

Induk ayam atau yang biasa disebut dengan babon yang merupakan salah satu syarat yang wajib ada di tempat perternakan ayam aduan agar ayam aduan anda juga dapat menghasilkan keturunan ayam aduan juara.

Sebagai seorang bebotoh atau penghobi ayam aduan maka anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri babon ayam yang berkualitas, dimana hal ini di ketahui agar dapat menyeleksi bibit-bibit ayam yang berbakat.

Perlu anda ketahui babon (Induk ayam) juga memiliki peran lebih penting dari pada ayam aduan pejantan. Selain itu ada perbedaan antara ayam pejantan dengan induk ayam, dimana perbedaannya adalah induk ayam lebih dominan untuk mewariskan gen terhadap keturunannya.

Pada umumnya terdapat 2 jenis babon ayam aduan yang akan lebih baik untuk di budidayakan yaitu jenis babon unggul dan babon cetak.

Babon unggul adalah babon yang lebih dominnan jika di bandingkan dengan pejantan dalam menghasilkan keturunan, dengan kata lain anak ayam akan lebih dominan mewarisi gen induk ayam, baik itu dari ciri fisik, gaya bertarung, stamina, serangan dan mental.

Maka tidak heran jika para peternak ayam aduan yang sudah memiliki nama lebih suka menjual pejantan di bandingkan dengan menjual induk ayam di karenakan babon yang mereka miliki adalah babon unggul.

Lalu, bagaimana cara mengenali ciri babon unggul. Pada umumnya para bebotoh mengenali ciri babon unggul dengan melihat fisik, gaya bertarung, stamina dan mental lebih pantas memilih ayam aduan pejantan.

Tidak jarang juga para bebotoh melakukan seleksi babon dengan cara mengadu babon dengan babon lainnya, selain itu katurangan juga bisa menjadi acuan dalam memilih babon unggul yang berkualitas.

Kelebihan dari babon unggul adalah sangat mudah untuk mengenali ciri fisik babon unggul, babon unggul juga bisa langsung di budidayakan tanpa kekhawatiran buruknya hasil keturunan serta dari struktur fisik dan teknik lebih bagus di bandingkan babon cetak.

Kekurangan dari babon unggul adalah sangat susah untuk mendapatkan keturunan yang mewarisi gen dari pejantan dan di perlukan juga uji dalam bertarung untuk menilai babon unggul dan tidak jarang pula babon menjadi rusak.

Kesimpulannya adalah jenis babon unggul lebih mempengaruhi keturunan dan sering kali kita lihat bahwa babon unggul di kawinkan dengna pejantan yang kurang bagus dan bisa menghasilkan anak ayam aduan yang berkualitas.

Berbeda dengan babon unggul yang lebih dominan mewarisi gen terhadapa keturunannya, babon cetak ini adalah babon yang menghasilkan anakan yang lebih dominan menyamakan pejantan.

Jika di ibaratkan mesin maka babon cetak bisa di katakan sebagai salah satu mesin cetak (foto copy) dengan kata lain apabila di kawainkan dengan pejantan yang bagus maka akan menghasilkan anak yang bagus begitu juga dengan sebaliknya.

Kelebihan dari babon cetak adalah bisa mendapatkan keturunan dari ayam aduan yang sudah juara, begitu juga dengan ciri fisik dan teknik anak ayam yang bisa menyamakan pejantan, babon cetak juga sangat di cari-cari oleh banyak penghobi ayam aduan.

Kekurangan dari babon cetak adalah terutama sangat susah untuk di kenali ciri babon cetak yang sebenarnnya dan tidak bisa hanya di lihat dari ciri fisik saja, perlu adanya uji keturunan yang membutuhkan waktu yang panjang hingga para peternak bisa mengenali babon cetak dan mengambil kesimpulan dan harus menunggu hingga keturunan dewasa untuk menyimpulkan seekor babon cetak atau bukan.

Kesimpulannya adalah babon cetak akan sangat sulit untuk di temukan, kemudian tidak jarang juga para peternak ayam aduan melakukan uji keturunan seperti ini dan pasti memakan waktu cukup lama yang hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan anda.

Demikianlah info menarik mengenai “Mengenal Babon Unggul Dan Babon Cetak Serta Kelebihan Dan Kekurangan” semoga bermanfaat bagi para pecinta dan penghobi bahkan para pembaca yang mencintai dunia laga sabung ayam. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *