Khasiat Yang Diberikan Beras Merah Pada Ayam Aduan

Khasiat-Yang-Diberikan-Beras-Merah-Pada-Ayam-Aduan

Semakin baik pakan yang diberikan maka kualitas ayam pun akan bagus. Ada beberapa jenis pakan ayam aduan yang bisa kita gunakan sebagai tambahan tapi sebagai penghoby ayam aduan kita harus tahu akan fungsi dan kandungan pakan yang akan kita berikan pada ayam.

Salah satu pakan tambahan ayam aduan yang bagus adalah beras merah. Beras merah berguna untuk menguatkan otot ayam dan masih banyak lagi kegunaan dari beras yang satu ini. Pemberian beras merah untuk ayam ternyata memiliki segudang manfaat. berikut Khasiat Yang Diberikan Beras Merah Pada Ayam Aduan

  • Menguatkan Tulang
    Pemberian beras merah juga berguna untuk menguatkan tulang ayam aduan sehingga mempunyai tulang yang bagus dan kokoh untuk melakukan pukulan yang kuat. Selain itu ayam yang mempunyai tulangan kuat akan tahan ketika diserang oleh lawan.
  • Menambah Energi
    Kandungan karbohidrat pada beras merah setara dengan jagung dan nasi jadi bisa juga dijadikan sebagai makanan pokok ayam aduan. Dengan pakan yang kaya energi akan membuat ayam memiliki nafas yang panjang.
  • Membentuk Tubuh
    Kebanyakan peternak melakukan kesalahan dalam pemberian pakan sehingga pertumbuhan tubuh ayam tidak sesuai. Beras merah merupakan pakan yang tidak cocok untuk anak ayam, jadi sebaiknya hanya diberikan pada ayam dewasa.
  • Melancarkan Pencernaan
    Masalah pencernaan pada ayam aduan kerap menjadi masalah para penghoby, dikarenakan masalah pencernan ini bisa menyebabkan nutrisi yang ada pada makanan tidak bisa diserap dengan baik oleh ayam. Pencernaan yang tidak sehat bisa membuat ayam terserang penyakit, pucat dan tidak sehat. Kandungan serat kasar pada beras merah sangat efektif untuk melancarkan pencernaan ayam.
  • Membentuk Otot
    Pemberian pakan juga berpengaruh terhadap pembentukan otot ayam, ketika ayam aduan memasuki masa dewasa sangat disarankan untuk diberikan beras merah.
  • Menguatkan Bulu
    Menurut ilmu peneliti bulu ayam berfungsi untuk mengatur tekanan darah pada tubuh sehingga ayam dengan bulu yang kuat tidak akan mudah kelelahan. Pemberian beras merah berguna sekali untuk kesehatan bulu ayam serta mempercepat pertumbuhan bulu ketika ayam ganti bulu.

Pakan adalah bagian penting untuk mendapatkan ayam aduan juara. Sekian pembahasan kita kali ini tentang Khasiat Yang Diberikan Beras Merah Pada Ayam Aduan semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.