Pelatihan Dan Perawatan Ayam Dewasa Siap Memasuki Arena Laga

Pelatihan-Dan-Perawatan-Ayam-Dewasa-Siap-Memasuki-Arena-Laga

Ayam petarung adalah ayam jantan yang dijadikan petarung yang tangguh untuk menang. Ayam aduan memang sengaja di rawat dan di latih untuk di adu dengan ayam lainnya di dalam arena laga ayam. Ayam aduan memang tidak terlalu sulit dan tidak mudah juga untuk di pelihara, sebelum memulai memelihara ayam aduan setidaknya anda harus terlebih dahulu memiliki dasar-dasar cara merawat ayam aduan sehingga tidak salah dalam memelihara ayam.

Sebelum ayam menjali pertandingan ada beberapa perawatan dan pelatihan yang wajib anda lakukan pada ayam agar ayam bisa menjuarai pertandingan. Berikut kami akan memberikan beberapa tips Pelatihan Dan Perawatan Ayam Dewasa Siap Memasuki Arena Laga yang antara lain :

  • Memandikan
    Untuk mengeraskan serta pembentukan otot-otot ayam maka anda harus melakukan pemandian untuk ayam. Sebaiknya anda memandikan ayam pada saat suhu normal, tidak sedang hujan dan dalam keadaan pagi atau saat sekitar jam 8. Mandikan ayam aduan tersebut dengan gabus atau spon yang nantinya menggunakan air yang bersih. Biarkan ayam mengeringkan bulunya sekitar 30 menit sebelum anda melanjutkan ke langkah penjemuran. Proses ini juga bisa menjadi salah satu cara menjinakan ayam galak.
  • Penjemuran
    Agar lemak di tubuh ayam tidak menumpuk dan menguras staminanya, maka anda memerlukan proses penjemuran ini. biasanya proses penjemuran sangat di anjurkan ketika memasuki siang yaitu diantara jam 9 hingga jam 10, beberapa saat setelah anda memandikan ayam tersebut. Biasakan melakukan penjemuran pada ayam aduan muda dan anda bisa menghentikannya jika ayam terlihat lelah atau sakit.
  • Pelatihan
    Ketika anda ingin melatih pernafasan dan otot pada ayam, maka anda di anjurkan untuk melakukan latihan fisik terhadap ayam tersebut. Anda bisa melakukan latihan fisik sesuai dengan keperluan ayam aduan seperti pelatihan kliter dan lompatan.
  • Latihan Tanding
    Untuk membentuk mental petarung agar bisa menjadi sang jawara yang menjadi ciri-ciri ayam aduan berkualitas, maka anda harus melakukan latihan tarung atau abar. Lakukan dengan durasi yang singkat bagi latihan awal ayam aduan anda. Biasnya latihan awal hanya akan memakan waktu 5 hingga 10 menit lamanya. Kemudian ayam tersebut kembali di perbolehkan untuk beristirahat dan melakukan aktifitas seperti biasa seperti latihan fisik, mandi da berjemur selama 2 minggu lamanya.
  • Pemisahan Ayam Aduan
    Anda harus melakukan pemisahan ayam aduan yaitu meletakan mereka pada berbagai kandang berbeda dan terpisah. Ini adalah pencegahan terhadap terjadinya luka maupun cidera pada saat ayam ayam tersebut berusaha bertarung melawan ayam lainnya. Karena ayam aduan akan selalu memiliki kencendrungan untuk bertarung dan yang lemah akan selalu di tindak yang lebih kuat.
  • Kandang Isolasi
    Ini merupakan kandang yang terisolir tertupu dan benar-benar bebas dari berbagai gangguan dari luar. Ini merupakan kandang yang akan di pakai jika ada salah satu ayam aduan muda yang mentalnya kian parah dan rusak hingga tak lagi bisa bertarung atau bahkan hanya sekedar bergaul dengn ayam betina. Maka biarkan ayam tersebut beberapa hari menetap pada kandang ini untuk memulihkan diri dan kembali mendapatkan mental bertarungnya. Dalam hitungan hari biasanya ayam ini akan kembali berkokok gagah dan siap di adukan lagi.
  • Pemberian Jamu
    Anda bisa membangkitkan lagi gairah petarung yang seharusnya di miliki oleh ayam petarung dengan berbagai ramuan jamu herbal alami khusus ayam agar nantinya mereka bisa kembali bertarung. Ramuan jamu khusus ayam petarung ini adalah jamu yang terbuat dari berbagai bahan herbal alami seperti gula merah, kunyit dan madu. Selain pemberian jamu, anda juga bisa menggunakan nutrisi lain seperti vitamin buatan. Hal ini akan efektif dalam mengembalikan semua hal yang kian menurun dari sang ayam petarung.
  • Pemberian Pakan Alami
    Agar ayam petarung menjadi lebih agresif, maka sangat disarankan untuk menambahkan pakan alami berupa pakan hidup didalam menu makanan ayam petarung. Anda bisa memberikan pakan berupa jangkrik, kroto hidup atau bahkan anak tikus. Mental ayam akan kian membaik dan terasah jika anda membiarkan mereka mencari dan mengejar mangsanya tersebut.
  • Latihan Lari
    Lakukan latihan lebih 30 men fisik lari ini selama kurait. Ini merupakan salah satu latihan potensial dalam melatih pernafasan dan energi ayam petarung. Ada banyak cara yang di lakukan dalam latihan lari. Salah satunya dalah dengan menggunakan alat berupa kurungan roda putar. Namun tidak jarang banyak yang menggunakan teknik biasa yang manual. Ayam petarung yang akan melakukan latihan lari nantinya harus di kurung sedemikian mungkin dan berlari mengellingi kurungan yang anda siapkan tersebut.

Agar lebih efektif maka anda bisa melakukan pengurungan terhadap ayam lain di dalam kandang yang lebih kecil hingga ayam aduan akan terpacu dan mengejar ayam di dalam kandang kecil yang terpisah. Namun sebelum ayam tersebut mengalami kelelahan dan stress maka anda harus segera mengambil ayam yang berada di kurungan yang lebih kecil Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sekian pembahasan kami tentang Pelatihan Dan Perawatan Ayam Dewasa Siap Memasuki Arena Laga, semoga bermanfaat.