Tahap-Tahap Memulai Ternak Ayam Kate

Tahap-Tahap-Memulai-Ternak-Ayam-Kate

Ayam kate adalah salah satu jenis ayam dengan postur tubuh yang kecil dan pendek. Ayam kate pertama kali ditemukan di inggris oleh para pedagang eropa pada abad ke 17. Ayam kate memiliki berbagai jenis dan warna yang menawan, berkaki bersih dan beberapa bulu kaki.

Ayam kate merupakan jenis ayam yang mudah dan menyenangkan untuk dipelihara, berikut kami uraikan bagaimana cara pemiharaan ayam kate dan perawatannya.

  • Siapkan Kandang
    Kandang merupakan komponen utama dalam memulai ternak ayam, sama halnya dengan ayam lain ayam kate juga memerlukan kandang yang nyaman dan bersih untuk tempat tinggal. Kandang sebisa mungkin dibuat dengan celah yang kecil, dikarenakan sifat ayam kate yang cenderung lincah. Usahakan kandang menghadap ke timur agar kandang selalu mendapat cahaya matahari agar kandang kering dan tidak lembab. Untuk melindungi ayam kate dari predator, pastikan kandang dibuat dengan kuat dan kokoh dan menutupnya dengan benar agar ayam kate aman dari predator atau binatang yang lebih besar.
  • Pemberian Minum
    Sediakan air minum didalam maupun diluar kandang, Sebaiknya menggunakan air matang untuk pemberiaan minumnya daripada air mentah agar ayam terhindah dari bakteri dan virus-virus jahat.
  • Pemberian Makanan
    Ayam kate mempunyai kebutuhan nutrisi yang sama seperti ayam biasanya, hanya saja jumlahnya lebih sedikit karena ukurannya yang lebih kecil. Seperti halnya ayam biasa, ayam kate hanya makan jika lapar atau jika ada sesuatu yang enak.
    Nutrisi ayam kate bisa terpenuhi dari pemberian buah dan sayuran segar, dan juga bisa mencegah penyakit pada ayam kate.
  • Penyakit Ayam Kate
    Ayam kate juga rentan terhadap berbagai penyakit karena kurangnya kebersihan dan pemberian makanan yang tidak tepat. Bahkan ayam kate yang dipelihara didalam kandang pun bisa terkena penyakit akibat tidak bersihnya kandang ataupun dalam perawatannya. Periksa ayam setiap hari agar terhinar dari sakit. Jika ayam terlihat mengalami gangguan neurologis dan kotoran yang tidak biasa, tandanya ayam terkena infeksi bakteri dan perlu perawatan khusus dengan obat-obatan.

Sekian pembahasan kami tentang Tahap-Tahap Memulai Ternak Ayam Kate. Memulai ternak ayam kate tidak susah kan, selamat mencoba usaha baru dan semoga berhasil.