Jenis-Jenis penyakit Mematikan Bagi Ayam Aduan

Jenis-Jenis-penyakit-Mematikan-Bagi-Ayam-Aduan

Selayaknya makhluk hidup tentunya hewan seperti ayam aduan juga dapat terserang oleh penyakit. Imunitas tubuh yang lemah, cuaca, dan makanan juga dapat mempengaruhi kesehatan dari ayam aduan. Dari penyakit ringan seperti pilek, hingga penyakit yang dapat membahayakan nyawa ayam aduan patut di waspadai oleh para pecinta ayam aduan.

Kali ini kami akan memberikan pengetahuan baru kepada anda semua yaitu Jenis-Jenis penyakit Mematikan Bagi Ayam Aduan yang patut anda hindari. Para botoh wajib mengetahui gejala-gejala yang ada pada ayam aduan apabila terserang salah satu penyakit yang akan kita bahas kali ini. Pencegahan serta penanganan yang cepat dan baik pun harus dilakukan.

Berikut adalah Jenis-Jenis penyakit Mematikan Bagi Ayam Aduan kesayangan anda.

  • Tetelo
    Penyakit yang disebabkan oleh virus ND ini sangat sering menyerang ayam aduan. Jika ayam aduan anda terserang tetelo maka cara terbaik adalah dengan membakar atau menguburnya secara hidup-hidup. Karena apabila dibiarkan virus dari ayam aduan tersebut sangat dengan mudah menyebar. Ciri-ciri ayam yang terkena penyakit tetelo yaitu sesak nafas, batuk, bersin, feses berwarna merah, ngorok, lemas. Penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi pada ayam aduan kesayangan anda.
  • Cacingan
    Tidak hanya dapat menyerang manusia, hewan juga bisa terserang penyakit parasit seperti cacing. Penyebab ayam aduan bisa terkena cacingan biasanya akibat dari kandang yang terlalu kotor dan tidak terawat kebersihannya. Jika ayam aduan mengalami penurunan berat badan yang drastis, serta terlihat lesu bisa dipastikan ayam tersebut terkena penyakit cacingan. Pemberian obat cacing exitor dapat dilakukan saat pagi hari sebelum ayam makan. Dan langkah pencegahan nya jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang ayam kesayangan anda.
  • Bronkitis
    Penyakit menular ini berbahaya bagi kelangsungan hidup ayam aduan anda. Ciri-ciri yang dapat dikenali adalah bulu kusam, tubuh gemetar, sesak nafas, batuk, dan bagian leher agak memutar. Bronkitis pada ayam aduan dapat dicegah dengan melakukan vaksinasipada ayam, yang diberikan dengan cara tetes pada mata atau hidung.
  • Berak Kapur/Putih
    Apabila ayam terkena berak putih lekas berikan obat Trimezin atau Tretraclor sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Jika tidak juga kunjung sembuh dan semakin parah, jalan satu-satunya yang efektif adalah dengan mengubur atau membakar hidup-hidup sebelum terjadi penularan kepada ayam lainnya
  • Berak Darah
    Penyakit ini juga kurang lebih sama dengan berak putih, dengan gejala ayam mengalami mencret, mengigil, sayap ayam menggantung ke bawah, dan nafsu makan akan menurun. Apabila ayam aduan terserang berak darah, dapat di tangani dengan pemberian Tetra chlorine atau Trisula Zuco sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan pada kemasan.

Sekian infomasi yang bisa kami berikan tentang Jenis-Jenis penyakit Mematikan Bagi Ayam Aduan untuk anda semua para pecinta ayam aduan.