Tips Dan Cara Mudah Dalam Memelihara Ayam Aduan

Tips-Dan-Cara-Mudah-Dalam-Memelihara-Ayam-Aduan

Pada dasarnya merawat ayam aduan sangat mudah bagi mereka yang sudah berpengalaman. Perawatan ayam aduan bertujuan untuk menghasilkan ayam juara. Perkembangan sabung ayam di indonesia hingga saat ini tetap banyak peminatnya, di tambah sekarang terdapat berbagai jenis ayam aduan yang populer.

Bagi mereka yang baru pertama memelihara ayam aduan tentu sedikit bingung cara perawatan seperti apa yang tepat untuk dilakukan. Kesalahan dalam perawatan bisa berakibat fatal terhadap ayam aduan. Pada dasarnya merawat ayam aduan tidak sesulit yang anda lihat. Berikut Tips Dan Cara Mudah Dalam Memelihara Ayam Aduan yang bisa anda coba :

  • Vaksin dan Vitamin
    Pemberian vaksin dan vitamin merupakan langkah paling penting untuk memenuhi kebutuhan gizi pada ayam. Selain itu vaksin dan vitamin akan membuat ayam lebih sehat dan terhindar dari serangan penyakit virus. Jika kesehatan ayam selalu terjaga maka pertumbuhannya pun akan maksimal.
  • Makanan
    Secara umum makanan pokok ayam adalah jagung, tapi ayam aduan membutuhkan tambahan pakan lain supaya lebih bagus. Beberapa jenis pakan harian yang bisa diberikan adalah jagung, beras merah, gabah, dedak, nasi putih dan lain-lain. Kemudian supaya optimal ketika memberikan pakan anda bisa membuat racikan pakan ayam aduan sendiri.
  • Memandikan
    Memandikan ayam berguna untuk stamina dan membuat ayam sehat. Anda bisa melihat perbedaan setelah anda rutin memandikan ayam anda. Waktu yang baik untuk memandikan ayam adalah pada pukul 08.00-10.00. Karena bila dimandikan pagi hari ayam bisa langsung dijemur dan ayam akan kering.
  • Menjemur
    Khasiat dari menjemur ayam supaya nafas ayam aduan menjadi kuat dan tahan lama saat bertarung. Waktu terbaik untuk menjemur ayam setelah ayam dimandikan, ayam hanya butuh 2-3 jam saja di bawah sinar matahari, jadi pastikan jangan sampai berlebihan dalam menjemur ayam anda.
  • Latihan
    Ayam aduan merupakan petarung jadi harus diberikan latihan yang sesuai supaya bisa menjadi ayam juara. Dalam melatih ayam aduan sangat beragam mulai dari latihan untuk otot, latihan untuk nafas dan latihan untuk mental.

Dalam membentuk mutu ayam aduan dibutuhkan ketekunan anda agar dapat menghasilkan ayam juara. Sekian sedikit penjelasan tentang Tips Dan Cara Mudah Dalam Memelihara Ayam Aduan yang bisa kami sampaikan.